BAB berdarah: Gejala/Pengobatan

Apa itu BAB berdarah?
Buang air besar(BAB) berdarah, adalah kondisi ketika terdapat darah dalam feses. Kondisi ini merupakan gejala adanya perdarahan di saluran pencernaan. BAB berdarah dapat mengakibatkan kondisi medis yang serius dan berakibat fatal. Oleh karena itu, penting untuk segera  memeriksakan diri ke dokter bila terlihat ada darah dalam feses.

Penyebab BAB berdarah

BAB berdarah dapat dibedakan menjadi hematochezia dan melena, dengan penyebab serta gejala yang sangat beragam. Di bawah ini akan dijelaskan masing-masing kondisi beserta gejala dan penyebabnya.

+ Hematochezia: Pada penderita hematochezia, darah yang keluar bersama feses akan terlihat merah segar. Hal ini karena perdarahan terjadi di area yang tidak jauh dari dubur, sehingga darah keluar dalam keadaan masih segar. Hematochezia kadang disertai diare, demam, perubahan pada frekuensi BAB, sakit perut, dan penurunan berat badan. Selain dapat keluar bersama feses, darah juga dapat menetes dari anus.Beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan perdarahan Hematochezia:

++ Wasir atau ambeien. Pelebaran pembuluh darah di daerah anus yang berisiko menimbulkan perdarahan.

++ Fisura ani. Fisura ani adalah luka terbuka pada saluran anus atau dubur.

++ Radang usus. Radang usus adalah kondisi usus yang mengalami peradangan. Radang usus juga dapat merujuk pada dua gangguan saluran pencernaan, yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulseratif.

++ Polip. Polip adalah pertumbuhan jaringan abnormal yang bertangkai dan berukuran kecil, kurang dari 1,5 cm.
++ Tumor jinak. Tumor jinak yang tumbuh di usus besar dan rektum dapat menyebabkan perdarahan.
++ Kanker kolon. Kanker kolon merupakan kanker yang tumbuh di kolon (usus besar).

+ Melena: Melena disebabkan oleh perdarahan pada saluran pencernaan bagian atas.Gejala melena adalah feses yang berwarna gelap seperti aspal, serta bertekstur lunak dan lengket. Kondisi yang dapat menimbulkan perdarahan saluran pencernaan bagian atas, antara lain:

++ Pecah varises esofagus. Varises esofagus adalah pelebaran pembuluh darah vena di area esofagus (kerongkongan).

++ Gastritis. Gastritis merupakan peradangan pada lapisan pelindung di lambung.

++ Tukak lambung. Tukak lambung adalah luka yang terbentuk di permukaan dalam dinding
++ Kanker lambung. Kanker lambung adalah kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan sel kanker pada dinding lambung.

++ Sindrom Mallory-Weiss. Kondisi ini ditandai dengan robekan pada jaringan di area kerongkongan yang berbatasan dengan lambung.

Pengobatan BAB berdarah
Pengobatan BAB berdarah tergantung dari banyaknya darah yang keluar dan penyebab yang mendasarinya. Pengobatan ditujukan untuk mengatasi kekurangan darah atau anemia, menghentikan perdarahan, serta mencegah perdarahan kembali terjadi.

Setelah BAB berdarah teratasi, dokter akan mengobati penyebab yang mendasarinya agar BAB
berdarah tidak kembali terjadi.

Jika Anda memiliki Wasir/Ambeien, terapi HCPT adalah pilihan terbaik Anda.

Ini adalah metode menggunakan prinsip generasi panas arus frekuensi radio untuk mengobati wasir. Arus frekuensi radio menyebabkan getaran frekuensi tinggi molekul air dan ion dalam sel wasir. Panas yang dihasilkan oleh gesekan antar molekul atau ion dapat meningkatkan suhu, suhu tinggi menyebabkan wasir kering, gasifikasi, wasir menghilang.

Hasil pengobatan HCPT wasir setara dengan reseksi bedah, sehingga proses ini juga disebut
pembedahan tanpa pisau.

Karena pengangkatan wasir dilakukan sampai ke akar dan pangkalnya, Pengobatan wasir menggunakan teknologi HCPT merupakan cara terbaik untuk menghilangkan wasir.

★Rasa nyeri / sakit sangat minimimal : seluruh proses pengobatan hanya menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang sangat minimal, dan tidak akan kambul lagi.

★Terhindar dari rasa khawatir: setelah tindakan pengobatan bisa langsung sembuh, 10-20 menit proses pengobatan selesai, tidak mempengaruhi pekerjaan, belajar dan aktivitas kehituban lainnya, tidak perlu cuti khusus untuk pemulihan pengobatan.