Apa itu Hematochezia?Gejala/Pengobatan

Apa itu Hematochezia?
Hematochezia adalah munculnya darah segar pada tinja (feses). Hematochezia biasanya disebabkan oleh perdarahan di saluran pencernaan bagian bawah. Meskipun demikian, beberapa kasus hematochezia dapat disebabkan perdarahan saluran pencernaan bagian atas.

Hematochezia, terutama yang terjadi pada lansia, perlu mendapatkan penanganan yang tepat karena berisiko menimbulkan komplikasi berbahaya, seperti anemia, syok, bahkan kematian.

Penyebab Hematochezia
Perdarahan saluran pencernaan yang menyebabkan hematochezia biasanya terjadi di usus besar (kolon). Ada berbagai penyakit yang dapat menyebabkan perdarahan ini, antara lain:

++Wasir/Ambeien
++Luka pada anus atau fisura ani
++Kanker usus besar
++Kolitis ulseratif
++Penyakit Crohn
++Tumor jinak pada saluran pencernaan
++Polip usus
++Divertikulitis
++Radang usus besar bagian akhir atau rektum (proctitis).

Diagnosis Hematochezia
Untuk memastikan terjadinya hematochezia, dokter akan menanyakan mengenai gejala yang muncul dan melakukan pemeriksaan fisik. Setelah itu, dokter juga akan meminta pasien melakukan pengambilan sampel tinja untuk diperiksa di laboratorium.

Dokter juga dapat meminta pasien menjalani tes lain untuk mengetahui penyebab hematochezia. Tes tersebut meliputi:
★Tes darah, untuk mengetahui jumlah sel darah, memeriksa kecepatan pembekuan darah, dan fungsi organ hati.
★Kolonoskopi, untuk melihat kondisi usus besar dengan bantuan alat berbentuk selang tipis berkamera, yang dimasukkan melalui dubur.
★Biopsi, yaitu pengambilan sampel jaringan untuk kemudian diperiksa di laboratorium

Pengobatan Hematochezia
★Tujuan utama pengobatan hematochezia adalah menghentikan perdarahan, yaitu dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebabnya. Jika penyebabnya diobati, hematochezia dapat berhenti dengan sendirinya.
★Pada hematochezia dengan perdarahan yang cepat dan banyak perlu segera ditangani untuk menghindari komplikasi. Komplikasi akibat hematochezia dapat berupa anemia, syok, bahkan kematian.

Terapi HCPT: Cara terbaik untuk mengobati Wasir/Ambeien

★Ini adalah metode menggunakan prinsip generasi panas arus frekuensi radio untuk mengobati wasir. Arus frekuensi radio menyebabkan getaran frekuensi tinggi molekul air dan ion dalam sel wasir. Panas yang dihasilkan oleh gesekan antar molekul atau ion dapat meningkatkan suhu, suhu tinggi menyebabkan wasir kering, gasifikasi, wasir menghilang.

★Hasil pengobatan HCPT wasir/ambeien setara dengan reseksi bedah, sehingga proses ini juga disebut pembedahan tanpa pisau.

★Karena pengangkatan wasir dilakukan sampai ke akar dan pangkalnya, Pengobatan wasir menggunakan teknologi HCPT merupakan cara terbaik untuk menghilangkan wasir.