Apa itu Fistula ani? Gejala/Pengobatan

Apa itu Fistula ani?

Fistula ani adalah terbentuknya saluran kecil di antara ujung usus besar dan kulit di sekitar anus atau dubur. Kondisi ini terbentuk sebagai reaksi dari adanya infeksi kelenjar pada anus yang berkembang menjadi abses anus, di mana terbentuk kantung atau benjolan berisi nanah. Fistula akan terlihat seperti saluran atau lubang kecil setelah nanah keluar.Akibatnya, penderita merasakan nyeri atau rasa tidak nyaman pada kulit sekitar anus.

Gejala Fistula Ani
Pengidap fistula ani bisa mengalami beberapa gejala, seperti:

★Nyeri dan bengkak di sekitar anus.
★Terbentuknya lubang di kulit dan muncul cairan atau feses dari lubang tersebut.
★Demam dan terasa lelah.
★Adanya perdarahan dari anus.
★Terdapat nanah di sekitar anus.
★Tercium adanya bau tajam atau tidak sedap di sekitar kulit anus.
★Kulit kemerahan dan terasa perih akibat iritasi.
★Nyeri pada anus semakin parah saat duduk atau batuk.

Penyebab Utama Fistula Ani
Pada umumnya fistula ani disebabkan oleh infeksi pada kelenjar anus yang menyebabkan timbulnya penumpukan nanah. Fistula ani kemudian membentuk saluran di bawah permukaan kulit yang terhubung pada kelenjar yang terinfeksi.
Pada umumnya terdapat dua penyebab utama fistula ani, yaitu:
★Infeksi pada anus
Kondisi ini umumnya disertai abses atau penumpukan nanah pada anus. Nanah biasanya muncul setelah kelenjar kecil dalam anus terinfeksi bakteri.
★Peradangan pada usus
Fistula ani juga dapat disebabkan oleh komplikasi dan gangguan pada usus besar yang diakibatkan oleh beberapa kondisi berikut ini:
++ Divertikulitis atau infeksi pada kantong kecil di bagian samping usus besar.
++ Penyakit Crohn yaitu kondisi kronis yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran
pencernaan.

Pengobatan Fistula Ani
Fistula ani tidak dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga diperlukan tindakan pengobatan.
★Penanganan fistula ani umumnya dilakukan dengan melakukan operasi, dan jenis operasinya tergantung pada posisi fistula.
★Setelah operasi, pengobatan dengan antibiotik juga diperlukan untuk mencegah infeksi berulang.
★Selain itu dokter mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri untuk mengurangi nyeri pasca operasi dan pencahar untuk membantu buang air besar.

Cara terbaik untuk mengobati fistula ani: Terapi HCPT

Ini adalah metode menggunakan prinsip generasi panas arus frekuensi radio untuk mengobati fistula ani.

Arus frekuensi radio menyebabkan getaran frekuensi tinggi molekul air dan ion dalam fistula ani. Panas yang dihasilkan oleh gesekan antar molekul atau ion dapat meningkatkan suhu, suhu tinggi menyebabkan fistula ani kering, membunuh bakteri, fistula ani menghilang.
Hasil pengobatan HCPT fistula ani setara dengan reseksi bedah, sehingga proses ini juga disebut pembedahan tanpa pisau.

Dengan efek sterilisasi mendalam detoksifikasi anti-inflamasi, pengobatan wasir menggunakan terapi HCPT merupakan cara terbaik untuk menghilangkan fistula.

★Tidak terlalu nyeri seluruh proses pengobatan sama sekali tidak tesera terlalu nyeri dibagian apapun, dan tidak akan kambuh lagi.