Apa itu Abses perianal? Gejala/Pengobatan

Abses perianal adalah terbentuknya kantung nanah di sekitar anus akibat nfeksi bakteri. Penyakit ini menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, pembengkakan dan kemerahan pada daerah yang terkena, dan penderitanya dapat mengalami demam.

Pada beberapa kasus, abses atau kantung nanah yang tak kunjung sembuh dapat pecah dan mengalirkan isinya keluar. Namun tetap meninggalkan saluran yang disebut fistula. Di sebagian kasus, fistula ani tetap mengeluarkan nanah dan cairan busuk secara terus menerus.

Gejala Abses perianal
★Rasa sakit adalah gejala abses perianal yang paling umum. Rasa sakit biasanya disertai pembengkakan di daerah anus dan terasa lebih sakit saat buang air besar atau duduk.
★Ciri-ciri abses perianal lainnya meliputi:
++Iritasi kulit di sekitar anus, termasuk pembengkakan, kemerahan, dan nyeri tekan.
++Keluar nanah.
++Konstipasi atau nyeri yang berhubungan dengan buang air besar.
++Apabila abses perianal kondisinya lebih para, maka dapat menimbulkan demam, panas dingin, dan kelelahan. Terkadang, demam adalah satu-satunya gejala abses perianal yang terletak di dalam (jauh dari kulit).

++Penderita juga dapat mengalami pendarahan rektum atau gejala kencing seperti susah kencing. Jika abses terdapat di daerah rektum yang lebih dalam (umumnya pada penderita radang usus). Hal ini bisa mengakibatkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah perut.

Penyabab Abses perianal
★Penyebab umum penyakit ini adalah bakteri dari anus yang menyebar ke bagian sekitar rektum dan menyebabkan peradangan.
★Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh luka di anal yang terinfeksi, infeksi menular seksual, atau gangguan usus seperti penyakit Crohn dan divertikulitis usus besar.

Apa bahaya komplikasi Abses perianal yang mungkin timbul?
★Ingat! abses anus ini harus segera diobati, jika tidak, maka beroptensi berkembang menjadi fistula ani yang menyakitkan yang mungkin memerlukan perawatan bedah lebih banyak dan kompleks. Fistula ani adalah saluran abnormal yang terhubung dengan rongga anus.
★Komplikasi lainnya meliputi:
++Infeksi menyebar ke darah (sepsis).
++Rasa sakit berkelanjutan.
++Masalah terus datang kembali (kambuhan).
++Bekas luka.

Apa saja penanganan dan obat Abses aperianal?
★Pengobatan paling rasional untuk abses perianal adalah tindakan incisi dan drainase, incisi berarti membuat sayatan dan saluran sedangkan darinase adalah mengalirkan nanahnya hingga habis.
★Setelah prosedur, kebanyakan orang diresepkan obat untuk menghilangkan rasa sakit. Antibiotik umumnya diperlukan bagi yang memiliki diabetes atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.