Ambeien/Wasir/Hemorrhoid: Penyabab/Pengobatan

Definisi
Ambeien atau wasir merupakan penyakit di mana pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus) membengkak dan meradang. Penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, tapi kemungkinan berhubungan dengan meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus.

Hemorrhoid, penyakit ambeien, atau wasir dapat dialami oleh siapapun. Sayangnya, seringkali penderita merasa malu atau dianggap tidak penting maka kurang memerhatikan gangguan kesehatan ini.

Penyebab Wasir atau Ambeien /Hemoroid
Sejumlah faktor dapat menyebabkan formasi dari Ambeien termasuk kebiasaan buang air besar
tidak teratur (konstipasi atau diare), olahraga, nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (berkepanjangan tegang), genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan. Pola hidup dan pola makan sangat mempengaruhi penyakit ini, jadi bila anda saat ini menderita penyakit wasir atau ambeien.

Ciri Ciri Ambeien dan Gejala Ambeien
Adapun gejala ambeien yang sering dijumpai adalah perdarahan saat buang air besar. Perdarahan ini dapat berupa titik-titik kecil (bercak) darah pada feses atau dapat pula berupa tetesan darah yang mengalir dari ambeien dari lubang dubur.

Ciri ambeien dan gejala gejala ambeien lainnya terdiri dari:
★Rasa mengganjal pada saat hendak buang air besar.
★Rasa tidak nyaman di anus (Pruritus ani)
★Prolaps yaitu keluarnya bagian ambeien atau wasir dari lubang dubur.
★Anemia sekunder, keadaaan ini mungkin bisa terjadi pada ambeien yang kronis
★Infeksi atau peradangan di daerah sekitar dubur. Terjadi karena luka pada pembuluh darah di daerah sekitar anus dapat memudahkan kuman masuk kedalam tubuh dengan cepat

Komplikasi atau Bahaya
★Trombosis – hal ini terjadi saat gumpalan darah terangkut menuju bagian tubuh lainnya. Hal ini juga mengarah pada pembekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah lainnya. Jika ini terjadi risiko serangan stroke bisa saja terjadi.

★Gangren – merupakan matinya jaringan tubuh karena kekurangan oksigen, jaringan mati berubah menjadi hitam dan membusuk.

★Kanker - Risiko wasir menjadi kanker adalah 30-40%

Pengobatan Ambeien/Wasir: Operasi wasir
Banyak pasien dengan wasir yang memerlukan operasi. Operasi wasir adalah metode yang menghilangkan wasir dengan menggunakan pisau bedah. Operasi wasir memiliki kerusakan besar pada jaringan anal, dan ada risiko kerusakan pada saraf anus dan sphincter ani.Oleh karena itu, pasien dapat mengalami banyak masalah setelah operasi: infeksi, nyeri, penyembuhan luka kronis, stenosis anus, inkontinensia buang air besar , dan kekambuhan wasir.

★Ini adalah metode menggunakan prinsip generasi panas arus frekuensi radio untuk mengobati wasir. Arus frekuensi radio menyebabkan getaran frekuensi tinggi molekul air dan ion dalam sel wasir. Panas yang dihasilkan oleh gesekan antar molekul atau ion dapat meningkatkan suhu, suhu tinggi menyebabkan wasir kering, gasifikasi, wasir menghilang.

★Hasil pengobatan HCPT wasir setara dengan reseksi bedah, sehingga proses ini juga disebut
pembedahan tanpa pisau.

★Karena pengangkatan wasir dilakukan sampai ke akar dan pangkalnya, Pengobatan wasir menggunakan teknologi HCPT merupakan cara terbaik untuk menghilangkan wasir.